Sejarah Dari Stadion Allianz Arena

Sejarah Dari Stadion Allianz Arena


Stadiongoal - Allianz Arena adalah stadion sepak bola yang berada di Munich, Bavaria, Jerman, dengan kemampuan 75. 024 tempat duduk.

Stadion ini memilii eksterior yang dilapis dengan panel plastik ETFE yang dapat mengembang, serta adalah stadion pertama didunia dengan warna eksterior yang dapat beralih.

Terdapat di 25 Werner Heisenberg-Allee, Allianz Arena adalah stadion paling besar ke-3 di Jerman sesudah Signal Iduna Park di Dortmund serta Olympiastadion di Berlin.


Dua club sepakbola professional yakni FC Bayern Munich serta TSV 1860 München, sudah memakai Allianz Arena jadi stadion pertandingan kandang mulai sejak musim 2005-06. Ke-2 club terlebih dulu bermarkas di Stadion Olimpiade Munich mulai sejak 1972.

TSV 1860 München terlebih dulu mempunyai saham stadion 50%, namun FC Bayern Munich beli saham mereka sejumlah 11 juta euro pada April 2006. Cuma saja, pembelian ini tetaplah sangat mungkin TSV 1860 München untuk bermain di stadion walau sudah melepas kepemilikan.

Penyedia jasa keuangan besar Allianz beli hak penamaan stadion sepanjang 30 th. karna dengan penting menyumbang dana pembangunan stadion.

Tetapi, nama ini tidak bisa dipakai saat stadion jadi tuan-rumah turnamen FIFA serta UEFA, karna tubuh sepakbola itu mempunyai kebijakan melarang sponsor dari perusahaan yang bukanlah adalah partner turnamen resmi.

Itu sebab, sepanjang Piala Dunia 2006, Allianz Arena dikatakan sebagai FIFA World Cup Fase Munich (Stadion Piala Dunia FIFA Munich). Sedang dalam kompetisi club UEFA di kenal jadi Fußball Arena München.

Aliianz Arena mempunyai julukan “Schlauchboot” (perahu karet), dengan Museum Bayern Munich, FC Bayern Erlebniswelt, terdapat di dalamnya.

Tersebut disini sebagian kenyataan mengenai Allianz Arena :

1. Kemampuan 

Sesudah memperoleh kesepakatan dari pemerintah kota pada 16 Januari 2006, kemampuan stadion bertambah dari 69. 000 jadi 71. 000 pemirsa.

Ekspansi yang sudah di setujui pada bln. Januari 2015, untuk setelah itu jadi besar kemampuan stadion jadi 75. 000 untuk kompetisi Bundesliga serta 70. 000 untuk kompetisi Liga Champions.

2. Arsitek 

Pembangunan stadion diawali pada tanggal 21 Oktober 2002 serta dengan resmi di buka pada tanggal 30 Mei 2005. Desainer paling utama Allianz Arena yaitu biro arsitek Herzog & de Meuron.

3. Konstruksi Eksterior 

Sisi eksterior stadion dibuat dari 2. 874 panel udara ETFE-foil yang dijaga selalu mengembang oleh udara kering bertekanan 3, 5 Pa.

Dari jauh, panel terlihat berwarna putih namun saat di teliti dengan cermat, ada sedikit titik pada panel.

Waktu diliat dari dekat, panel sesungguhnya tembus pandang dengan ketebalan 0, 2 mm.

Tiap-tiap panel bisa menyala dengan sinar putih, merah, atau biru.


4. Cost Pembangunan 

Cost pembangunan Allianz Arena direncanakan menelan 286 juta Euro, namun sebenarnya membengkak sampai 340 juta Euro.

Diluar itu, pemerintah kota serta pemerintah Jerman juga menyumbang 210 juta Euro berbentuk pembangunan beragam infrastruktur pendukung.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Awal Dari Judi Bola di Inggris

Debut dan Teka Teki Ronaldo di Juventus

5 Stadion Sepak Bola Yang Terbsear Di Dunia